Sunday, December 11, 2011

Bondan Prakoso Janji Bikin Lagu Keroncong

Surakarta - Penyanyi sekaligus pemain bas Bondan Prakoso berjanji kembali membuat lagu keroncong. Janji tersebut diucapkan saat melayat maestro keroncong Gesang Martohartono di Balai Kota Surakarta, Jumat (21/5).

Beberapa tahun lalu, Bondan dan kelompok Fade 2 Black membuat sebuah lagu keroncong berjudul Kroncong Protol. Lagu tersebut merupakan kolaborasi musik hip hop dengan irama keroncong.

“Sebelum lagu itu dilempar ke pasar, saya pergi menemui Gesang di rumahnya,” kata Bondan. Menurut Bondan, saat itu merupakan pertama kalinya dia bertemu dengan Gesang. Lagu Kroncong Protol tersebut juga sempat dipamerkan di hadapan Gesang.

Meski bukan murni musik keroncong, Bondan mengaku jika Gesang cukup bangga. “Sudah jarang anak muda yang membuat lagu keroncong,” kata Bondan menirukan komentar Gesang waktu itu. Gesang juga meminta agar dia (bondan) semakin produktif dalam membuat lagu keroncong.

Semula, Bondan mengaku belum kepikiran lagi untuk membuat lagu keroncong. Namun berita meninggalnya Gesang, menurutnya, justru membangkitkan semangatnya untuk kembali membuat lagu keroncong. “Saya janji untuk secepatnya membuat lagu (keroncong) itu,” kata dia. [TEMPO Interaktif]

-oOo-

Gesang Senyum, Keroncong Kawin dengan Rap

Kepergian maestro keroncong, Gesang Martohartono menimbulkan duka bagi penyanyi keroncong, Waljinah.

“Dengan meninggalnya Mbah Gesang saya kehilangan, selain dia adalah maestro keroncong. Saya anggap sebagai bapak saya sendiri,” kata dia di persemayaman Gesang di Balai Kota Surakarta, Jumat 21 Mei 2010.

Kesan mendalam juga diceritakan Bondan Prakoso — pencipta lagu ‘Keroncong Protol’.

“Musik keroncong saya terinspirasi lagu-lagu Gesang. Dari kecil, orang tua saya memutar lagu-lagu keroncong Gesang,” kata Bondan Prakoso.

Ketika terjun ke dunia musik, Bondan memasukkan unsur keroncong ke musik modern. “Saya ingin mengawinkan musik timur dan barat, rap dan keroncong,” kata Bondan.

Dia sempat sowan ke Gesang, mengutarakan niatnya itu. “Gesang sangat senang, masih ada generasi muda lestarikan musik keroncong,” kata dia.

Lagu ‘Keroncong Protol’ juga sempat diperdengarkan ke Gesang. “Beliau tersenyum-senyum, mendengar keroncong dipadukan dengan rap,” kata Bondan, yang berjanji ikut melestarikan musik keroncong. (hs | VIVAnews)

*Selamat Jalan sang Maestro, karyamu akan selalu abadi… Semoga Amal & Ibadahmu di terima disisiNya… AMIN…

Sumber : TEMPO Interaktif & VIVAnews
Photo by tembanggesang.files.wordpress.com & BondanF2B Doc

Sumber : magz.hiphopheroes.net/info/news/bondan-janji-bikin-lagu-keroncong.html

0 comments:

Post a Comment